My Education Video Happy watch :)

Jumat, 30 September 2011

Pengenalan Java

Java adalah bahasa pemograman yang berorientasi objek. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung dengan Sun Microsystem saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis pada tahun 1995. Java diciptakan berdasarkan bahasa pemograman C dan bahasa pemograman C++. Java merupakan bahasa pemograman yang bersifat umum/non-implementasi seminimal mungkin sehingga Java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, Java dikenal dengan slogannya Write Once Run Anywhere (WORA). Dibandingkan dengan bahasa pemograman C dan bahasa pemograman C++, Java lebih sederhana dan memakai objek secara murni.

Sejarah Java
Bahasa Java tidak muncul secara tiba-tiba atau karena pertemuan aksidental. Asal usul Java dimulai tahun 1991 ketika perusahaan bernama Sun Microsystem melakukan penelitian terhadap berbagai produk elektronika. James Gosling selaku kepala proyek penelitian ini bersama Patrick Naugthon ditugaskan untuk merancang perangkat lunak aplikasi yang independen, tidak bergantung pada satu perangkat keras saja., agar bisa dipakai pada berbagai peralatan elektronik itu. James Gosling kemudian memakai bahasa pemograman C++ untuk menulis beberapa aplikasi untuk peralatan mikro, namun ternyata dia mengalami banyak kesulitan. Setiap peralatan mikro menggunakan mikrochip yang berbeda, program yang digunakan pun berbeda maka ia harus mengkompilasi ulang program tersebut. Karena itu muncullah ide James Gosling untuk menciptakan bahasa baru,  ia menulisnya berdasarkan bahasa pemograman C++ namun ia melakukan beberapa perbaikan didalamnya. Bahasa pemograman ini kemudian diberi nama Oak (Nama sebuah pohon jati yang terlihat dari jendela ruangan James Gosling).
Pada tahun 1994, ketika Web mulai populer, nama bahasa pemograman Oak diganti menjadi Java, sebabnya adalah nama Oak kurang populerdan nama Oak telah terlebih dahulu digunakan untuk hal lain. Menurut gosip, Gosling mendapatan nama Java ketika ia bingung untuk mencari nama baru untuk bahasa pemograman yang telah ia buat sebelumnya. Hingga pada suatu hari ia pergi ke suatu kafe untuk meminum secangkir kopi, dan ia memesan “Java”.  Hingga timbullah idenya bahwa nama bahasa pemogramannya diganti menjadi Java, ia merasa bahwa bahasa ini cukup cool.
Java kemudian digunakan untuk membuat browser yang bernama WebRunner. Setelah berhasil maka browser ini diberi nama HotJava dengan simbol secangkirteh panas.
Tahun 1995 merupakan tahun yang paling penting dalam perjalanan sejarah Java. Java dan Hot Java dipublikasikan kepada dunia melalui Web. Tak lupa juga Java versi Alpha diluncurkan di awal tahun tersebut. Java pada awalnua hanya diperuntukkan bagi SPARC Solaris, tetapi kemudian  juga diimplementasikan padasistem operasi Windows NT. Pada musim panas tahun 1995 diimplementasikan pada sistem operasi Windows 95 dan Linux. Java versi Beta 1 diumumkan pada musim gugur 1995, disusul dengan versi beta 2 pada bulan Desember. Pada saat  yang sama Microsoft dan IBM (I Blame Microsoft) menyatakan dukungan mereka terhadap bahasa pemograman Java.
Pada tanggal 23 Januari 1996, Java 1.0 resmi diluncurkan dan disediakan di Web untuk siap di download para programmer. NetScape 2.0 salah satu browser, mereka mengadopsi bahasa pemograman Java dan JavaScript. Perkembangan Java tidak berhenti sampai disitu aja. berbagai teknologi yang berkaitan kemudian diperkenalakan, seperti J2EE (Java 2 Enterprise Edition), J2SE (Java Standard Edition), JavaBean, Java Server Page (JSP), dan JME (Java Micro Edition). Bahkan Java sebagai Pemicu  bagi munculnya bahasa-bahasa pemograman berorientasi jaringan seperti Phyton, ASP, XML, C#, dsb

Perkembangan Java dari Masa ke Masa

Bahasa Pemograman Java pertama lahir dari The Sun Project yang berjalan selama 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga musimpana 1992. Proyek Tersebut di motori oleh Pattrick Naugthon, Mike Sheridan, James Gosling, dan Bill Joy, beserta sembilan pemograman lainnya dara Sun Microsystem. Salah satu hasil proyeke ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan Proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Sekitar Musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas berkomentar sesuai dengan topik yang telah disampaikan, anda bisa bertanya apabila mengalami kesulitan. atau bisa langsung email billyfebram@yahoo.co.id