My Education Video Happy watch :)

Senin, 26 September 2011

Bootable Windows 7 on Flashdisk

Oke, malam ini saya kembali lagi online didepan PC tercinta, hahahay
Pas duduk didepan PC bingung harus ngapain, okelah jadi hari ini saya mau sedikit share lagi nih

Hmm.. karena hari ini saya abis beli flash disk baru 8GB, karena flashdisk saya yang 2GB sudah lama hilang karena keteledoran saya, nah langsung terpikir dalam benak saya mau mengganti System Operasi notebook saya ini, tadinya saya pakai Linux Ubuntu, nah sekarang, saya mau ganti jadi Windows 7.. dikarenakan sepertinya saya akan lebih banyak menggunakan aplikasi pada Windows sepertinya dibanding Linux.

Nah notebook saya ga ada CD-ROM external, trus gimana cara installnya dong? yap..!!
Cara installnya yaa pake Flashdisk yang baru saya beli itu..!!

Caranya?

1. Oke pertama colok dulu flashdisknya, terus di FORMAT
cara formatnya? tau khan? klik kanan aja drivernya trus klik FORMAT, ya mau quick format atau mau yang biasa juga terserah, intinya di FORMAT, jadi sebelum diformat, data-data di dalam flashdisk di pindahin dulu aja, daripada dipangkas abis entar..? XD XD

2. Kedua, setelah diformat kalian buka cmd prompt, tahu cmd khan? iya kalian buka, terus bukanya pake Run As Administrator, sebelum dibuka cmdnya klik kanan ntar ada tulisan Run As Administrator disitu..

3. Ketik perintah diskpart, maka prompt akan berubah menjadi DISKPART>

4. Selanjutnya ketik list disk untuk menampilkan disk yang tersedia pada komputer kita saat ini.
Gambar Listdisk
Gambar Listdisk
Gambar di atas menunjukkan bahwa Disk 0 adalah harddisk saya yang berkapasitas 233GB, sedangkan Disk 1 adalah flashdisk saya yang berkapasitas skitar 8GB.

5. Lakukan format terlebih dahulu pada flashdisk kita. [Jgn lupa backup data2 Anda bila ada yang ingin diselamatkan sebelum hilang ]. Ketik perintah – perintah berikut:
select disk 1
clean
create partition primary

select partition 1
active
format fs=NTFS
assign
exit

6. Setelah berhasil di format, selanjutnya kita akan membuat flashdisk kita menjadi bootable dengan bantuan utilitas bootsect yang terdapat pada Windows Vista maupun Windows 7.
Masih pada command prompt yang sama, mari kita lanjutkan.
Masukkan DVD Windows 7 pada DVD Drive atau menggunakan daemon tool menggunakan image windows 7 ke  komputer kita, lalu simpan ke direktori dimana DVD tersebut berada, dengan perintah:
d:
cd d:\boot [dengan asumsi drive DVD saya adalah d]

7. Gunakan bootsect untuk membuat flashdisk kita menjadi bootable. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah:
bootsect /nt60 g:
[saya asumsi flashdisk saya berada pada drive letter g:]
Sekarang Anda dapat menutup windows command prompt Anda.

8. Copy-lah semua file instalasi yang ada di DVD drive Anda (dlm contoh saya drive d) ke flashdisk Anda (dlm contoh saya g).
Bila telah dicopy, sekarang flashdisk Anda telah bisa bootable!
-> 1 adalah disk yang ingin diformat, silahkan sesuaikan dengan keperluan Anda
Silahkan mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas berkomentar sesuai dengan topik yang telah disampaikan, anda bisa bertanya apabila mengalami kesulitan. atau bisa langsung email billyfebram@yahoo.co.id